HTML



HTML (HyperText Mark Up Language)
merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program. Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi:
· Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.
· Markup Pada pengertiannya disini markup menunjkkan bahwa pada file HTLM berisi suatu instruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web.
· Language Meski HTML bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen. Pada awalnya HTML dikembangkan sebagai subset SGML (Standard Generalized Mark-up Language). Karena HTML didedikasikan untuk ditransmisikan melalui media Internet, maka HTML relative lebih sederhana daripada SGML yang lebih ditekankan pada format dokumen yang berorientasi pada aplikasi.
HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan protocol yang digunakan untuk mentransfer data atau document yang berformat HTML dari web server ke browser (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Untuk membuat dokumen HTML hanya dibutuhkan sebuah aplikasi teks editor biasa. Namun sekarang dipasaran terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe Golive, MS FrontPage sekedar contohnya. Tetapi tanpa mengetahui dasar-dasarnya anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa? Karena walaupun software-software tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek.
Struktur Dasar HTML Dalam penggunaannya, sebagian besar kode HTML harus terletak diantara tag container. Yaitu diawali dengan
dan diakhiri dengan
(terdapat tanda “/”).
Struktur dasar dokumen HTML berisi elemen-elemen atau tag sebagai berikut:
<*html>
<*head>
<*title>Judul Form/Caption
<*/head>
<*body>ISI WEB
<*body>
<*/html>
Keterangan:(tanpa tanda *) <*html> .. <*/html> Mendefinisikan bahwa teks yang berada diantara kedua tag tersebut adalah file HTML <*head> .. <*/head>Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META. <*title> .. <*/title>Sebagai title atau judul halaman/form. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser Anda (pada title bar). <*body> .. <*/body>Mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak ditampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti bgcolor, background, text, link, vlink, alink, leftmargin, dan topmargin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naruto Shippuden Episode 420 Subtitle Indonesia

game asphalt urban gt

PKN : Tugas dan fungsi komite nasional perlindungan konsumen dan pelaku usaha